Thursday

Bagaimana Mengukur Evaluasi Training?

Keinginan belajar dan berbagi untuk orang lain akhirnya terwujud juga setelah kami menerbitkan sebuah buku. Buku “How to Measure 5 Levels of Training Evaluation” yang saya tulis bersama rekan saya Teguh Satriono ini pada awalnya muncul dari keinginan kami yang ingin berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan orang lain. Berbekal pengetahuan yang masih terbatas dari bangu kuliah ketika mengambil Program Magister Manajemen di PPM Jakarta serta pengalaman sekian tahun bekerja di beberapa perusahaan pada bidang Human Resources Management dan Training, maka dengan tekad membaja akhirnya terwujud juga penulisan buku ini.

Mengapa kami menulis buku dengan topik Evaluasi Training? Hal itu tidak lepas dari pengamatan kami bahwa belum ada buku karya penulis Indonesia yang secara spesifik membahas tentang evaluasi training. Dengan memahami apa dan bagaimana evaluasi training, diharapkan efektifitas training pun akan dapat diukur. Mengapa efektifitas training begitu penting? Karena pada dasarnya training adalah suatu bentuk investasi yang ditanamkan organisasi pada karyawannya agar dapat meningkatkan kompetensi dan mendukung fungsi pekerjaan dan target-target yang ada.

Melalui konsep evaluasi training dari Jack J Phillips dan Ron Drew Stone dalam bukunya How to Measure Training Result (2002) dengan 5 level evaluasi, yaitu: Reaction, Learning, Behaviour, Result dan Return of Investment (ROTI) maka pembaca akan dapat memahami tahapan evaluasi dari yang sangat simple (reaction) hingga yang sangat kompleks (ROTI). Selain itu agar pembaca lebih mudah menerapkan evaluasi training tersebut, maka kami menyajikan 5 langkah praktis yang terdiri dari: Goals, Data, Measure, Analyze dan Result yang pastinya akan dapat membantu menjalankan masing-masing level evaluasi training tersebut dengan mudah.

Akhir kata tentunya materi buku ini masih jauh dari sempurna mengingat referensinya “hanyalah” berdasarkan pengetahuan dan pengalaman praktis kami semata, namun paling tidak kami berharap dapat menjadi oase yang menyegarkan bagi para pembaca khususnya rekan-rekan yang berkecimpung di dunia Human Resources Management dan Training atau Learning Development.

22 comments:

Anonymous said...

Hebbbaaatt !! Saya sudah lama pengin nulis buku dengan topik ini...jadi keduluan deh sama kalian....hahahaha....Hebat, hebat.....

Salut...!! Bilang juga sama Teguh...salam hormat dalam-dalam dari saya untuk kalian berdua. Bisa dimana beli bukunya? Di Gramedia ada? Nanti akan saya promosikan juga di blog gue....!!

Yodhia Antariksa

PS:
Ya, bilang juga sama Teguh, untuk migrate to WP. Kalau pake blogspot juga kan belum ada statistik pengunjungnya kayak di WP.
So, ditunggu blog barunya di WP....
BRAVO.

Anonymous said...

Ah, qta cuma ingin berbagi pengetahuan dan pengalaman koq mas Yodhia.

Buku bisa didapatkan di Gramedia seluruh Indonesia he.....

Makasi banget lho mas kalo dipromosikan, soalnya blog-nya mas Yodhia kan udah terkenal hee....

Ok mas, nanti saya sampaikan ke Teguh. Thanks a lot.

Anonymous said...

Amazing, karena pada dasarnya para ahli di bidang evaluasi pelatihan lumayan banyak, tapi yang mau diwujudkan dalam sebuah buku, mungkin hanya segelintir orang, karena jujur aja, cukup susah nemuin buku khusus tentang 'Evaluasi Pelatihan'. Saya sudah punya buku ini, karena saya dapat mata kulian Evaluasi Pelatihan. Tentunya buku ini sangat bermanfaat untuk saya pribadi dan pastinya yang lain juga. Terimakasih bgt untuk Mas Andre dan Mas Teguh atas keberaniannya untuk menulis buku ini dengan begityu tuntas. Ditunggu lagi buku berikutnya tentang pelatihan. Tetap semangat.

Anonymous said...

wah buku bagus nih, sdh lama mau belajar mengukur efektifitas training karena kebanyakkan training yg diadakan oleh company ku hanya sambil lalu hasilnya ...

Anonymous said...

wahh... bagus nich, tapi apakah ada indikator keberhasilan nya?..berapa persent training itu dikatakan berhasil...kalau iya saya tertari dengan bukunya, dimana didapatkan?

Anonymous said...

Wah, saya cari bukunya di toko buku ga nemu. Bisa tolongin mas, buat ngedapetin buku ini ?

Thx A lot :)

Andree MKP said...

thanks to all.

Mbak Dewi bisa dibantu alamat email atau telpon? THanks.

Coba nanti saya cek di Gramedia mana ada stok buku qta. Thanks.

Anonymous said...

pak Andree...saya nyari buku ini, di yogya dah pada kosong,.. kalau masih ada dimana ya nyarinya?
thx
ari_kurniawati@yahoo.com

Anonymous said...

Pak andre, apakah bisa bantu saya dimana saya bisa mendapatkan buku ini?karena saya sudah cari di semua toko buku di bandung tapi kosong semua.Alamat email saya di lovelyvoices@yahoo.com
Thx

Regards,
Yoana

Anonymous said...

pak andre...sepertinya saya harus punya buku itu karna saya sedang skripsi tentang evaluasi pelatihan,mudah2n bisa membantu..bukunya bisa beli dmn y??saya sudah cari di gramedia bip bandung, togamas ga ada...
email saya namaku_meeya@yahoo.com
Makasih..

Anonymous said...

siiiipppp !!! terima kasih banyak buat mas andre...kebetulan saya sedang menggarap skripsi tentang evaluasi pelatihan...terima kasih banyak sekali mas...saya sangat butuh ttg 5 lv evaluasi training...tq mas...

Anonymous said...

Pa...mau nanya, kalo beli bukunya beli di mana ya...kebetulan saya sedang butuh !! trims

Anonymous said...

Pa,saya berlokasi di bandung dan kebetulan sedang butuh buku bapa, bisa saya dapat di mana ya pa...trims..

Anonymous said...

Pa andre, saya sedang membuat skripsi tentang evaluasi pelatihan dan sedang membutuhkan buku tersebut. dimana saya bisa mendapatkan bukunya? saya berlokasi di bandung.. tolong di email ke trifina_tjie@yahoo.co.id..terimakasih

Kaizen and Business said...

Saya berminat dengan buku ini.
Bagaimana saya bisa mendapatkannya.
Harga brapa ?
apakah bisa diemail ke rony.faisal@gmail.com

Terima kasih

Anonymous said...

Pak Andree, mohon informasinya dimana bisa saya dapatkan buku tersebut melalui email somarck21@yahoo.com tks

Anonymous said...

dimana saya bisa membeli buku ini pak andre?

Kristi
Jakarta

Anonymous said...

Mas Andree bisa beli bukunya dimana ya....?? badly needed that book for my research, please confirmed me, thanks

Fannie

claymania said...

Pak Andre, sy bisa beli buku ini dimana ya, karena di seluruh toko buku gramedia di jakarta stoknya 0. Saya perlu urgent nih. Please infonya di kumalanur@gmail.com. Thanks.

claymania said...

Pak Andre, sy bisa beli buku ini dimana ya, karena di seluruh toko buku gramedia di jakarta stoknya 0. Saya perlu urgent nih. Please infonya di kumalanur@gmail.com. Thanks.

claymania said...

Pak Andre, sy bisa beli buku ini dimana ya, karena di seluruh toko buku gramedia di jakarta stoknya 0. Saya perlu urgent nih. Please infonya di kumalanur@gmail.com. Thanks.

Anonymous said...

Pak, selain buku yg bapak tulis. Buku apa lagi ya yang dapat saya jadikan acuan untuk tugas akhir saya pak mengenai evaluasi pelatihan.tolong infonya ya pak nadiarifqiaulia@rocketmail.com. Terimakasih